Perkuliahan di Program Studi S2 Matematika dirancang dalam empat semester dengan total 42 sks dan distribusi mata kuliah sebagai berikut.

 

Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot sks
0   MATRIKULUASI  
PMT9001 Landasan Pendidikan 2
PMT9002 Strategi Pembelajaran 2
PMT9003 Telaah Kurikulum 2
I PMT9101 Filsafat Ilmu 2
PMT9103 Landasan Pembelajaran 2
PMT9104 Metodologi Penelitian Pendidikan 3
PMT9105 Landasan Ilmu Pendidikan 2
PMT9107 Bahasa Inggris 0
PMT9203 Analisis Riil 3
PMT9205 Teori Bilangan 3
II PMT9102 Matematika Diskrit 3
PMT9106 Metodologi Pembelajaran Matematika 3
PMT9201 Aljabar Linier dan Aplikasinya 3
PMT9204 Penerapan Analisis *) 3
PMT9202 Evaluasi Pembelajaran Matematika 3
III   MATA KULIAH PILIHAN  
PMT9206 Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT *) 3
PMT9207 Geometri *) 3
PMT9208 Pengembangan Kurikulum Matematika Sekolah *) 3
PMT9301 Seminar Pembelajaran Matematika 2
PMT9302 PPL 2
IV PMT9309 Tesis 8
Total Sks 42

Keterangan:

  • Mata Kuliah Matrikulasi diberikan bagi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan sarjana matematika
  • Mata kuliah pilihan wajib diambil satu mata kuliah
  • Mata kuliah Bahasa Inggris (0 SKS) di tetapkan sebagai Mata Kuliah Penunjang Kompetensi

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

(1)   FILSAFAT ILMU (MPK : 2 SKS)

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberi pengetahuan tentang hakikat, proses berpikir ilmiah yang mencakup : perkembangan filsafat dan ilmu pengetahuan; pengertian, hubungan dan perbedaan antara (a) pengetahuan dan ilmu pengetahuan, (b) filsafat dan filsafat ilmu pengetahuan; kedudukan filsafat ilmu pengetahuan dalam system system filsafat dan ruang lingkupnya; hakekat ilmu pengetahuan; dimensi dan struktur ilmu pengetahuan; metodel keilmuan dan pengembangan ilmu pengetahuan; filsafat matematika.

(2)   METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (MKK : 3 SKS)

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk menyajikan falsafah, dasar metodologis dan operasionalisasi penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang meliputi penelitian kuantitatif, kualitatif dan kepustakaan. Materi perkuliahan mencakup dasar logika penelitian ilmiah, formulasi permasalahan, peranan pengembangan kerangka teoritik, pemilihan variabel dan hubungannya, perumusan hipotesis dan pemilihan teknik analisis data yang tepat. Juga dibahas berbagai strategi dan jenis penelitian, cara penyusunan proposal penelitian, dan aspek-aspek evaluasi proposal dan hasil penelitian.

(3)   LANDASAN ILMU PENDIDIKAN (MPB : 2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori yang menjadi landasan pendidikan. Cakupan : filsafat dan filsafat pendidikan, sosiologi dan sosiologi pendidikan, antropologi, psikologi social, psikologi pendidikan dan etika, teori-teori pendidikan, kaitan antara pendidikan dan pengajaran, pendidikan sebagai ilmu, obyek ilmu pendidikan, pendidikan sepanjang hayat, bakat dan lingkungan.

(4)   BAHASA INGGRIS (MKK : 0 SKS)

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris. Materi yang diberikan merupakan topik-topik yang sesuai dengan kajian matematika atau pendidikan matematika.

(5)   LANDASAN PEMBELAJARAN (MPB : 2 SKS)

Tujuan mata kuliah ini adalah untuk memberikan berbagai konsep dan teori yang relevan dengan proses pembelajaran. Berbagai aliran dalam psikologi belajar akan dikaji secara kritis dan analitis agar mahasiswa mampu menggunakan berbagai teori belajar dan pembelajaran yang ada dalam berbagai aliran, baik untuk keperluan penyempurnaan proses belajar mengajar maupun untuk keperluan pengembangan paradigma penelitian yang akan dilakukan. Pembahasan mencakup pula faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, pendekatan dalam belajar, dan strategi belajar.

(6)   ANALISIS RIIL (MKB : 3 SKS)

Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran deduktif mahasiswa. Cakupan mata kuliah ini anatara lain fungsi, limit, kekontinuan, barisan dan deret, teorema fungsi implisit, diferensial, integral, himpunan kompak, himpunan terhubung, cluster point, open/closed set, maksimum/minimum.

(7)   ALJABAR LINIER DAN APLIKASINYA (MKB : 3 SKS)

Mata kuliah ini meliputi antara lain ruang linier; transformasi linier, nilai eigen dan vector eigen; diagonalisasi; ruang vector riil dan kompleks, ortogonalitas, bentuk kuadratik, bentuk kanonik, penggunaan Maple dan Matlab dalam Aljabar Linier. Juga dibahas beberapa aplikasi Aljabar Linier dalam matematika dan bidang-bidang lain.

(8)   PENERAPAN ANALISIS (MKB : 3 SKS)

Tujuan mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk memahami permasalahan yang muncul dalam matematika dan mengembangkannya untuk menerapkannya pada matematika atau bidang ilmu lainnya. Mata kuliah ini membahas  persamaan diferensial, pemodelan dan komputasi, persamaan diferensial parsial, kestabilan, perilaku asimtotik, masalah nilai awal, masalah syarat batas, penggunaan Maple dan Matlab, sistem dinamik dimensi satu.

(9) MATEMATIKA DISKRIT  (MKB : 3 SKS)

Mata kuliah ini mencakup prinsip dalam counting, fungsi pembangkit dan aplikasinya, relasi rekursif, prinsip inklusi dan ekslusi, teori graf yang meliputi sifat-sifat umum graf, graf dan matriks, keterhubungan, planaritas, Eulerian, Hamiltonian, pohon, pohon rentang minimum, lintasan terpendek falam graf, dan berbagai aplikasinya.

(10) TEORI BILANGAN (MKB : 3 SKS)

Mata kuliah berisi bahasan tentang Induksi matematika, teorema binomial, algoritma pembagian, faktor persekutuan terbesar, algoritma Euclid, persamaaan Diphantos, teorema dasar aritmatika, tapis Erastothenes, kekongruenan modulo m, polinom bilangan bulat, system residu modulo m, kekongruenan linier, teorema sisa, kekongruenan tingkat tinggi, modulo bilangan prima berkuasa, modulo bilangan prima.

(11) METODOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MKB : 3 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai macam pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran matematika. Membuat model-model pembelajaran suatu topik matematika baik untuk jenjang sekolah maupun jenjang S1.

(12) EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MKB : 3 SKS)

Dalam mata kuliah ini dikaji mengenai teori dan praktik evaluasi, khususnya untuk pembelajaran matematika serta penyusunan alat evaluasi. Juga dibicarakan antara lain prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran, pendekatan dan pengembangan alat evaluasi.

(13) SEMINAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA (MKB : 2 SKS)

Mahasiswa dituntut untuk menulis suatu karya ilmiah dalam bidang matematika dan/atau pendidikan matematika dan menyajikannya. Mata kuliah ini melatih dan menumbuhkan sikap kritis dan sikap terbuka terhadap kritik.

(14) PPL (MKB : 2 SKS)

Menerapkan semua teori pendidikan dan pengetahuan matematika yang diperoleh selama 2 semester dalam bentuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program studi S1 Pendidikan Matematika.

(15) TESIS (MBB : 8 SKS)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya penelitian mengenai suatu masalah pendidikan matematika serta penulisan laporannya. Termasuk dalam kegiatan ini adalah kewajiban untuk menyeminarkan proposal penelitian dalam suatu forum yang dihadiri oleh pembimbing, semua dosen dan mahasiswa program studi.